Dorong Ekspor,Kemenkop Fasilitasi UMKM Bermitra dengan Eksportir

  • Vinsensius Segu
  • 2019-03-25 17:18:29
Preview Gambar


UMKMNetwork - Kementerian Koperasi dan UKM men­fasilitasi para pelaku koperasi atau UKM untuk bermitra dengan perusahaan eksportir agar produknya bisa me­nembus pasar ekspor. Untuk mempersiapkan hal itu, Ke­menkop dan UKM menyelenggarakan agenda Sinergitas Pemberdayaan Koperasi dan UKM (KUKM) Potensi Eks­por di Yogyakarta.

“Bentuk nyata fasilitasi pemerintah untuk mendorong pelaku UKM naik kelas adalah dengan mendorong me­reka memperoleh Hak Cipta, Hak Merek atau sertifikasi lainnya. Upaya ini dilakukannya kerja sama dengan stake­holder terkait, seperti Kementerian Hukum dan HAM (Ke­menkumham) atau Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan lainnya,” Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Me­liadi Sembiring, di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Meliadi mengatakan tanpa adanya sertifikat hak merek ataupun sertifikasi lainnya, produk UKM akan sangat sulit menembus pasar ekspor. Setelah mendapatkan sertifikasi, selanjutnya Kementerian Koperasi dan UKM mendorong mereka untuk bermitra dengan perusahaan atau dalam wa­dah koperasi tertentu. Dengan begitu, produk-produk UKM sudah mampu bersaing di pasar global.

“Bicara soal ekspor, itu semua harus dipersiapkan karena ekspor itu tidak bisa asal jadi lalu diekspor, lainnya dia ha­rus ada standardisasi kualitas dan lainnya. Oleh sebab itu, karena jumlah UKM banyak maka kita arahkan melalui ke­mitraan dengan perusahaan yang bisa ekspor, jadi kaya link and match,” katanya

  • Vinsensius Segu
  • 2019-03-25 17:18:29

Komentar

×