Raih Pendanaan Rp 16 T dari Alibaba dan SoftBank, Tokopedia Siap Bantu UMKM Berjualan Online

  • Vinsensius Segu
  • 2018-12-12 17:01:08
Preview Gambar


UMKMNetwork -  Perusahaan e-comerce Indonesia Tokopedia memperoleh pendanaan seri G senilai 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp Rp 16 triliun dari Alibaba dan SoftBank. Pendanaan ini masuk dalam program Vision Fund kedua raksasa teknologi tersebut.

Tokopedia berencana menggunakan pendanaan ini untuk mengembangkan teknologinya guna memungkinkan lebih banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan penjual independen untuk masuk ke platform-nya. Di sisi konsumen, Tokopedia juga tengah mengembangkan layanan dan produk keuangan.

Dikutip dari TechCrunch, Rabu (12/12/2018), SoftBank dan Alibaba merupakan investor eksisting Tokopedia. Tahun lalu, Alibaba memimpin pendanaan sebesar 1,1 miliar dollar AS untuk Tokopedia, sementara SoftBank baru saja mengubah kepemilikan sahamnya di Tokopedia ke Vision Fund.

Dengan pendanaan itu, maka nilai Tokopedia saat ini mencapai 7 miliar dolar AS. Pendanaan ini diketahui setelah beberapa pekan sebelumnya SoftBank mengucurkan pendanaan sebesar 2 miliar dollar AS kepada Coupang, perusahaan e-commerce Korea Selatan.

Sajauh ini Tokopedia menyatakan telah merambah 93 persen wilayah Indonesia. Meski tidak menyajikan data pasti, namun Tokopedia menyatakan penjualannya telah naik empat kali lipat.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan pihaknya tak memiliki rencana untuk berekspansi ke luar Indonesia.

"Kami tidak memiliki rencana untuk berekspansi ke luar Indonesia saat ini. Kami akan menaikkan pangsa pasar kami di Indonesia hingga dua kali lipat untuk menjangkau seluruh wilayah di Indonesia kami tercinta," sebut William melalui rilis yang diterima media di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

  • Vinsensius Segu
  • 2018-12-12 17:01:08

Komentar

×